Selasa, 31 Maret 2009

CZ 388

Halal adalah salah satu persyaratan yang harus ada ketika kita memilih menu makanan. Hal ini tidaklah sulit ketika kita berada di Indonesia.
Akan lain ceritanya ketika kita berada di negeri Cina yang mayoritas penduduknya bukan muslim.

Seperti hal yang saya alami baru-baru ini di Guangzhou, saat mendapat tugas dari kantor untuk mengikuti seminar disana 2 - 7 Maret 2009.

Sebagai salah satu auditor halal internal di perusahaan, sangat sulit bagi saya untuk menikmati jamuan makan, karena kita tidak tahu bahan apa yang digunakan dalam masakan mereka. Untuk cari amannya, saya hanya makan ikan dan sayur. Kebayang gak, seminggu hanya makan ikan dan sayur, kadang-kadang nasi, sementara di meja terhidang daging sapi dengan aroma yang menggugah selera.
Finally, di hari terakhir sebelum pulang ke tanah air, saya berkesempatan menikmati masakan Cina yang halal. Pengelola restoran ini adalah muslim dari daeran Sin Jiang. Tapi sayang, mereka tidak bisa bicara dalam bahasa inggris. Restoran Halal ini bisa dipastikan dari logo halal dalam tulisan arab yang terpampang di pintu masuk. Menyadari bahwa mereka tidak bisa berbahasa inggris, mereka menampilkan menunya dalam bentuk gambar yang terpampang didinding restoran. Jadi kita tinggal tunjuk mau makan yang mana. (Hmm....., ide yang kreatif).

Karena tergoda oleh menu daging sapi, saya pilih menu nasi plus daging sapi.

Sambil menunggu masakan matang, saya dihidangi semangku sup panas yang nikmat sekali, apalagi cuaca diluar dingin hingga mencapai 16 C. Ini lah uniknya restoran di Cina, mereka tidak memberi kita air minum tapi hanya memberi sup sebagai pengganti air minum. Yang lebih parah, kalau supnya kita kasih sambel biar tambah maknyus dan pas kepedesan pengen minum, repot deh.

Waktu menunjukan hampir jam 15.00 waktu setempat, dan saya ditunggu jemputan ke bandara jam 16.00 di hotel. Total 15 Yuan. Ah, ternyata gak nyampe duapuluh ribu. Eh, pas dicek nilai kursnya, rupiah lagi melemah, 1 Yuan = 1730 rupiah. Setelah bayar makan, saya bergegas ke hotel Royal Marina Plaza by taxi.

4 komentar:

sunny mengatakan...

salam kenal mas Gun.....
oya ada info baguss nih..... aku dapat dari teman aku....

Gabung segera,... BERSAMA PAK TUNG DESEM WARINGIN. MAU E-BOOK DAN TIKET SEMINAR GRATIS DARI TUNG DESEM WARINGIN ???

Masgun mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung. Iklan TDW emang sangat gencar. Insya Allah, saya hadir di Seminar tsb

Ganiez 2014 mengatakan...

Bagi ilmunya pak.. meskipun sy datang terlambat

Ganiez 2014 mengatakan...

Bagi ilmunya pak.. meskipun sy datang terlambat